Image

Luwuk, nama itu mungkin belum terlalu familiar di telinga anda. Jika pernahpun pasti yang terlintas dalam fikiran anda adalah nama dari suatu kota kecil yang ada di Sulawesi tengah. Sayapun sama dengan anda, fikiran itu ada difikiran saya sebelum menginjakkan kaki langsung di tanah Saluan tersebut. Ketika berencana untuk trip akhir tahun, saya pun mencoba mencari-cari informasi tentang daerah yang cukup menarik untuk dikunjungi dan menyediakan view fotografi yang menarik dengan bujet yang ngg terlalu tinggi. Sayapun memilih mencari beberapa referensi di dunia maya seputar lokasi wisata alam disekitaran pulau Sulawesi. Dan nama salodikpun muncul dan menjadi salah satu pilihan ketika itu. Berdasarkan informasi yang saya dapat, salodik adalah lokasi air terjun yang cukup indah untuk dikunjungi. Dan entah kenapa dalam fikiran ini yakin di sekitar wilayah tersebut pasti menyimpan keindahan alam yang harus dikunjungi untuk mengisi liburan akhir tahun 2012 kemaren.

Karena posisi saya ada di Gorontalo, sangat mudah untuk menuju kampung halaman para suku saluan tersebut. Cukup dengan penggunakan Kapal fery yang harganya hanya mencapai ± Rp.79.000 dengan waktu tempuh satu malam saja, kita sudah bisa menginjakkan kaki di daratan Sulawesi tengah tepatnya kota pagimana. Dengan waktu liburan yang hanya pendek itu saya tak sedikitpun membuang waktu untuk segera menuju salodik. Dengan menggunakan taksi Gelap dengan biaya ±Rp.25000 dengan jarak tempuh 2 (Dua) jam saja saya sudah bisa mencapai Salodik. Dan wow, rasa capekkupun terbayarkan.

Image

Image

Salodik lebih indah dari yang kubayangkan. Setelah menikmati indahnya air terjun kecil Pilaweyanku salodik tersebut saya langsung bergegas ke pusat kota Luwuk dengan melewati keindahan alam yang sayang untuk di lewatkan, mulai dari hutan Pinus dan beberapa pemandangan yang sangat indah dan menyegarkan mata.

Image

IMG_0386

Ketika tiba di pusat kota luwuk, awalnya saya berfikir akan sulit mencari tempat untuk menginap, namun ternyata dikota kecil tersebut terdapat banyak penginapan kecil dan murah yang bisa kita tempati selama trip ke kota kecil yang katanya terlihat indah diwaktu malam tersebut.

Bukan Hanya siang saja, malam pun Luwuk memiliki keistimewaan tersendiri. Pemandangan yang indah jika di pandang dari bukit keles menjadi satu suguhan paling menarik untuk trip saya saat itu.

Image

Hari Ke-2

Setelah sehari melakukan pertualangan  ku putuskan untuk istrahat karna untuk mengumpulkan tenaga untuk petualangan esok hari yang saya yakin akan lebih menarik dari hari ini.

Pagi yang cerahpun tiba dan petuangan di H+2 Episode Trik luwukpun di mulai. Dengan di temani beberapa teman Photografi setempat sayapun mulai menelusuri beberapa view menarik salain salodik. Untuk mengawali perjalanan hari ini, Iqbal sahabat photografi luwuk yang juga merupakan Alumni dari Univ. Muhammadiyah Luwuk  mengajak saya mengunjungi lokasi Air Jato Mini, awalnya saya tidak mengetahui apa sih air jato mini yang dimaksud. Namun setelah tiba dilokasi ternyata maksdnya adalah Air terjun yang tentunya tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan air terjun salodik. Air terjun yang satu ini bernama air terjun Tudaan dan terletak di desa Tontouan yang jaraknya hanya 15 menit dari pusat Kota Luwuk.

Yang lebih menyenangkan lagi di desa ini tidak hanya memiliki satu air terjun (Tudaan) saja.

ImageImage

Setelah menikmati suasana air terjun tudaan saya di ajak untuk berkunjung ke daerah Lenye. Lenye adalah daerah padang rumput luas dan hijau dikabupaten banggai.

Image

Sepulang dari lenye para sahabat Fotografi Luwuk coba mengajak saya untuk menelusuri Goa Kelelawar atau Bolo Poniki kata penduduk sekitar. Berdasarkan penjelasan Alan Ruindungan (salah satu Photografer Luwuk yang jg Anggota MAPALA di Universitas Tompotika Luwuk) yang pada saat itu menemaniku, Bolo Poniki adalah gowa tua yang berhasil di temukan oleh para mapala Untika Sekitar tahun 2000 yang lalu, namun sayang terlihat Gowa tersebut tidak terawat, bahkan sudah beberapa kali di jumpai oleh masyarakat digunakan sebagai tempat mesum para pasangan muda-mudi.

ImageImage

Bukan hanya alam liarnya yang terlihat indah, teluk Lalong yang merupakan tempat Faforit para remaja Luwuk untuk nongkrongpun menyediakan pemandangan yang cukup menarik untuk MataKameraku. (MFG10-004)

Image

10 responses »

  1. alan ruindungan says:

    assikkkk heheheh maksih bang,,, hehehehehhehe

  2. biztrock says:

    Luwuk…..hmmmm..
    Asyikk..| 2000an kemaren prnah maen ksana. Mamper di Kilo 5 dan Bendungan apa?? lupa namnya..
    Sukses. Muaz 🙂

  3. Allaan maurer says:

    Coba deh dtang skrang ke luwuk lagi. . .
    Skarang luwuk makin mempesona

  4. like buat kota luwuk
    buat info lebih dalam mengenai luwuk
    nanti kunjungi blok berikut

    Kota Luwuk

  5. syawalblog says:

    luwuk emang keren kali apa lagi jalannya dekat pantai…klo boleh kasih saran, jangn cuma ke luwuk aja tapi ke pulau dua balantak dan pulau banggai pasti lebih seru

Leave a comment